Sunday, June 17, 2012

Terkikisnya Budaya Indonesia




Indonesia seperti yang kita ketahui memiliki beragam budaya, mulai dari suku,bangsa, mulai dari suku, bahasa, bahasa, kesenian maupun hal-hal lainnya. Hal ini mendorong Indonesiauntuk menyatakan diri dalam satu simbol kebangsaan yang banyak kita kenal yaitu “Bhineka Tunggal Ika”walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Indonesia dalam pandangan dunia lebih dikenal sebagai surganya dunia, hal ini nampak dari besarnya jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia guna menikmati keindahan alam yang dipamerkan Indonesia, menyaksikan keanekaragaman dan keunikan budaya Indonesia ataupun hanya sekedar ingin merasakan dan mengetahui keramatahan yang dimiliki oleh masyarakat kita. Memang, penduduk Indonesia memiliki kerahmatamahan yang luar biasa, bahkan banyak wisatawan luar yang telah mengakuinya. Hal ini terbukti meskipun masyarakat kita kenal ataupun tidak saling kenal pasti selalu memberikan “senyuman” yang merupakan satu bentuk penghormatan kepada orang lain. Hal inilah yang menjadi ciri masyarakat Indonesia sesungguhnya. Selain itu masyarakat kita selalu memegang teguh adat yang ada baik cara berbicara, berpakaian ataupun yang lainnya. Hal ini yang membuat Indonesia dikenal sebagai negara yang berpegang teguh pada adat ketimuran, ramah, sabar dan sopan.
Namun sayang, seiring perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah pola pikir masyarakat kita tentang kehidupan, terlebih tentang budaya-budaya yang selama ini menjadi kebanggaan bangsa. Seperti saat ini, banyak generasi muda penerus bangsa kita yang telah terpengaruh oleh budaya luar, mereka lebih memilih mengadopsi budaya luar daripada budaya bangsa sendiri. Banyak generasi muda yang beragapan bahwa budaya Indonesia sudah kuno, katrok, atau bahkan banyak juga yang bilang budaya kita ketinggalan zaman, karena itulah sebagian dari generasi muda kita lebih memilih budaya luar yang katanya lebih maju dan modern dibandingkan budaya kita. Apalagi ada juga yang menyatakan bahwa dengan budaya luar mereka lebih bisa mengeksplore kemampuan dalam diri mereka, mereka lebih bebas berekspresi dan berkarya. Budaya luar ini tidak hanya merusak moral generasi muda bangsa tetapi juga dapat merusak moral dan citra bangsa kita yang telah lama dikenal sebagai bangsa yang sopan dan beradab.  
Perkembangan dan kemajuan IPTEK merupakan salah satu faktor penting yang membuat perubahan pada pola pikir generasi bangsa. Disisi lain memang perkembangan IPTEK membawa dampak yang positif bagi bangsa tetapi disisi yang lain pula hal ini dapat membawa virus buruk bagi generasi muda. Karena dengan IPTEK yang kian maju para pemuda lebih mudah mengakses informasi budaya barat yang selama ini telah banyak mereka tiru. Semua itulah yang harus diwaspadai sebagai generasi muda karena hal itu dapat membuat terkikisnya budaya Indonesia. Oleh karena itu, sebagaimana dijelaskan diatas, kita seharusnya tidak meninggalkan budaya - budaya yang telah diajarkan oleh nenek moyang kita karena didalam budaya kita tersimpan nilai - nilai luhur kearifan dan percerminan dari Nusantara ini.




No comments:

Post a Comment